adStart/>

Ilmu Telematika Dalam Bidang E-learning

|

Telematics adalah singkatan dari "Telecommunication and informatics" sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah "konvergensi". Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi.pada.saat.itu.

Salah satu bidang yang di cakup dalam penerapan ilmu telematika adalah bidang E-learning dimana dalam bentuk ini Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs. Dalam penulisan ini penulis mengambil dua contoh penerapan dalam bidang E-learning yaitu Sebagai berikut :

A. TELECONFERENCE
Salah satu manfaat dan keuntungan perkembangan teknologi jaringan dan informasi adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Orang dapat melakukan aktivitas tanpa harus berpergian dan membuang-buang waktu untuk menghabiskan waktu yang yang dilakukan dari perjalanan dan tentunya juga menghemat biaya. Hal tersebut dapat menunjang efiensi waktu dan biaya pada sebuah organisasi atau perusahaan.
Pada saat ini orang dapat melakukan suatu pertemuan bisnis dengan rekannya tanpa harus meninggalkan tempat orang tersebut bekerja. Sebut saja teknologiteleconference. Teknologi ini sangat memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Kom tersebut meliputi gambar dan suara sehingga pihak pertama dan kedua ataupun ketiga seolah-olah bertatapan langsung antara beberapa pihak yang berlangsung secara interaktif dan realtime.
Implementasi dari teknologi teleconference yaitu dengan menggunakannya teknologi ISDN dimana ISDN menyediakan jaringan hubungan digital untuk mendukung layanan telekomunikasi baik suara maupun gambar. Pada dasarnya Teleconference merupakan pengembangan dari jaringan komunikasi telepon yang sudah dikembangkan hanya saja model ini masih belum terlalu luas dipakai pada pasar telekomunikasi dikarenakan biaya dan peralatan yang cukup mahal.
Dari sisi akses terhadap teknologi ini dapat kita ulas sebagaii berikut :
Layanan ISDN mempunyai dua tipe akses yaitu Basic Rate Acces (BRA) yang dapat mengakses (2B D) dan akses melalui Primary Rate Acces (PRA) yang dapat mengakses (30B D) dimana kanal B mempunnyai kecepatan akses 64 kbps dan kanal D 64 kbps atau 16 kbps tergantung pada tipe akses yang digunakan . Kanal D pada PRA untuk Signalling dan kanal B sebagai Sinyal informasi paket switch .

B. VIDEO STREAMING

Selain teleconference ada juga teknologi yang dapat digunakan oleh user personal yang tertarik dengan fitur berbasis multimedia khususnya aplikasi citra (video). Aplikasi video streaming dapat digunakan untuk mengirim file video dengan menggunakan jaringan internet dan dapat dinikmati secara online. Hal tersebut sebenarnya dapat digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang positif antara lain untuk mengirim beberapa peristiwa pada suatu daerah tertentu melalui jaringan internet secara online sehingga menjadi suumber informasi yang diharapkan bernilai positif dan dapat berguna dan bermanfaat bagi user lainnya. Tentu saja pada layanan video streaming ini terdapat objek image dan suara yang dapat diperoleh hanya saja fitur ini hanya belaku satu arah saja (simlpe duplex) seperti halnya kita menonton televisi dirumah hanya saja kita menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbeda. Berbeda dengan fitur teleconference yang dapat dilakukan secara interaktif.
Video streaming dapat dilakukan dengan membuka halaman web tertentu tanpa harus mengunduh / download aplikasi.
Adapun fitur yang harus dimiliki untuk dapat menjalankan aplikasi video streaming antara lain : Adobe Flash Player Plugins. Ini satu-satunya aplikasi yang wajib Anda miliki untuk dapat memainkan video pada web, karena video yang akan dimainkan berformat flash dan itu harus dimiliki oleh web sebagai plugins.
Pada aplikasi video streaming user dapat kita gunakan seperti menggunakan aplikasi video lainnya sehingga user dapat mengatur sendiri tool yang ada antara lain play, pause, mengecilkan dan memperbesar volume bahkan mengatur track pada file video tersebut.
Dari kedua jenis aplikasi tersebut diatas keduanya merupakan pengembangan teknologi telematika yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi penggunany

Sumber : http://nurmarini.wordpress.com/category/tugas-pengantar-telematik/

1 komentar:

arya mengatakan...

keren nihh