adStart/>

PRILAKU KONSUMEN

|


PENGERTIAN PRILAKU KONSUMEN DARI BERBAGAI SUMBER

JAMES F ENGEL,et.AL (1994)
Tindakan yang lamgsung terlibat dalam mendapatkan,mengkonsumsidan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini
Schiffman dan kanuk
Istilah prilaku konsumen di artikan sebagai prilaku yang di erlihatkan konsumen Dalam mencari,membeli menggunakan.mengevaluasi Dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan Akan memuaskan kebutuhan mereka

Loudon dan albert (1993)
Prilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktifitas fisik Individu yang terlibat dalam mengevaluasi,mendapatkan,menggunakan Atau memberikan barang dan jasa yang di perolehnya

Ujang sumarwan (2000)
Secara sederhana ,studi prilaku onsumen meliputi hal-hal Sebagai berikut
• apa yang di beli konsumen (what they buy ?)
• kapan mreka membelinya(why the buy it)
• kapan mereka memblinya(when the buy it)
• beberapa sering mereka membelinya(how often they buy it)
• berapa sering meka menggunakannya(how often they use it)

Pikiran yang benar tentang konsumen

• Konsumen adalah raja
• Motivasi dan prilaku kosumen dapat di mengerti melalui penelitian
• Prilaku konsumen dapat di pengarui
• Prilaku konsumen sah secara sosial


PRILAKU KONSUMEN
JAMES F ENGEL,et.AL (1994)
Tindakan yang lamgsung terlibat dalam mendapatkan,mengkonsumsidan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini
Schiffman dan kanuk
Istilah prilaku konsumen di artikan sebagai prilaku yang di erlihatkan konsumen Dalam mencari,membeli menggunakan.mengevaluasi Dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan Akan memuaskan kebutuhan mereka

Loudon dan albert (1993)
Prilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktifitas fisik Individu yang terlibat dalam mengevaluasi,mendapatkan,menggunakan Atau memberikan barang dan jasa yang di perolehnya

Ujang sumarwan (2000)
Secara sederhana ,studi prilaku onsumen meliputi hal-hal Sebagai berikut
• apa yang di beli konsumen (what they buy ?)
• kapan mreka membelinya(why the buy it)
• kapan mereka memblinya(when the buy it)
• beberapa sering mereka membelinya(how often they buy it)
• berapa sering meka menggunakannya(how often they use it)

Pikiran yang benar tentang konsumen

• Konsumen adalah raja
• Motivasi dan prilaku kosumen dapat di mengerti melalui penelitian
• Prilaku konsumen dapat di pengarui
• Prilaku konsumen sah secara sosial


FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN
• Konsumen Individu Pilihan merek dipengaruhi oleh ;
Kebutuhan konsumen, Persepsi atas karakteristik merek, dan Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
• Pengaruh Lingkungan Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh
Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan. Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen), Grup tata muka (teman, anggota keluarga,
• Faktor menentukan yang situasional ( situasi dimana produk dibeli seperti keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).
• Marketing strategy Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah : Barang, Harga, Periklanan dan Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan.
Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran. Kebutuhan ini digambarkan dengan garis panah dua arah antara strategi pemasaran dan keputusan konsumen pemasaran memberikan informasi kepada organisasi pemasaran mengenai kebutuhan konsumen, persepsi tentang karakteristik merek, dan sikap terhadap pilihan merek.
Strategi pemasaran kemudian dikembangkan dan diarahkan kepada konsumen. Ketika konsumen telah mengambil keputusan kemudian evaluasi pembelian masa lalu, digambarkan sebagai umpan balik kepada konsumen individu. Selama evaluasi, konsumen akan belajar dari pengalaman dan pola pengumpulan informasi mungkin berubah, evaluasi merek, dan pemilihan merek. Pengalamn konsumsi secara langsung akan berpengaruh apakah konsumen akan membeli merek yang sama lagi. Panah umpan balik mengarah kembali kepada organisasi pemasaran. Pemasar akan mengiikuti rensponsi konsumen dalam bentuk saham pasar dan data penjualan. Tetapi informasi ini tidak menceritakan kepada pemasar tentang mengapa konsumen membeli atau informasi tentang kekuatan dan kelemahan dari merek pemasar secara relatif terhadap saingan. Karena itu penelitian pemasaran diperlukan pada tahap ini untuk menentukan reaksi konsumen terhadap merek dan kecenderungan pembelian dimasa yang akan datang. Informasi ini mengarahkan pada manajemen untuk merumuskan kembali strategi pemasaran kearah pemenuhan kebutuhan konsumen yang lebih baik.

0 komentar: